Jumat, 20 Juni 2014

Bahasa Indonesia 2 - Tugas 4

BAB I

PENDAHULUAN



1.1              Latar Belakang Masalah

Padatnya aktivitas masyarakat di dunia terutama di Indonesia dalam melakukan kegiatan sehari-hari atas dasar hak maupun kewajiban pribadi setiap individu tersebut pada masa kini sudah menjadi salah satu landasan bagaimana pentingnya efisiensi serta efektifitas waktu & biaya agar kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan berjalan sesuai jadwal & optimal. Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan & teknologi, efisiensi & efektifitas tersebut telah terwujud dengan adanya peralatan-peralatan praktis pada setiap segi kegiatan, termasuk transportasi. Dimana setiap alat transportasi / kendaraan dapat memudahkan setiap individu dalam menempuh jarak. Dengan jumlah populasi yang perlahan semakin bertambah setiap detiknya di dunia disertai tingkat aktivitas penduduk yang memuncak, sudah memastikan bahwa tingkat kebutuhan akan sebuah transportasi dengan fungsi optimal sudah menjadi nilai mutlak yang diwujudkan oleh individu masing-masing maupun tiap negara yang menyediakan alat transportasi umum.
Tersorot pada fakta kedua tentang alat transportasi / kendaraan umum, tidak dapat dipungkiri bahwa poin-poin minim dengan mudah dapat di temukan di setiap sudut pandang mengenai kendaraan umum terlebih di Indonesia, mulai dari segi kualitas maupun kuantitasnya, sehingga berdampak kepada segannya masyarakat Indonesia untuk menggunakan kendaraan pribadi yang mengakibatkan bertumpuknya kendaraan-kendaraan tersebut berujung pada krisis kemacetan dimana kini sudah tidak asing lagi untuk didengarkan.
Meruncing pada permasalahan tentang kendaraan umum, taksi di Indonesia sebagai salah satu opsinya merupakan contoh nyata dengan manajemen armada yang memiliki nilai minim, sehingga menurunkan minat masyarakat akan penggunaannya & lebih memilih kendaraan pribadi. Sebagai contoh, sulitnya pemesanan taksi via telepon & lamanya kedatangan taksi ke lokasi calon penumpang dikarenakan tidak terintegrasinya terminal pusat dengan pool (pangkalan taksi) yang terdekat dengan calon penumpang, sehingga pusat penerimaan reservasi taksi menurunkan armada taksi dengan rute yang tidak efektif maupun efisien yang pastinya berdampak pada kemacetan lalu lintas.
Tersorotnya fakta diatas tentang minimnya nilai-nilai efektifitas & efisiensi kendaraan umum; dalam hal ini mengarah pada minimnya manajemen armada taksi, penulis merangkum permasalahan tersebut dan mencoba memberikan salah satu opsi yaitu Integrated Taxi Armada Management & Reservation System guna mengurangi dampak kemacetan serta  memberikan pelayanan akan penggunaan taksi yang optimal.
1.2              Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, penulis menyusun rumusan masalah sebagai berikut:
1.        Bagaimana cara dalam menentukan algoritma penjadwalan armada taksi yang efektif & efisien.
2.        Bagaimana cara membangun sistem integrasi antar-terminal, antar-pool, maupun terminal-pool yang mendukung sistem reservasi taksi yang tersedia.
3.        Bagaimana cara membuat aplikasi penjadwalan armada & reservasi taksi yang bersifat user friendly dalam visualisasi & penggunaannya.

     1.2.1      Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis membatasi masalah pada pembuatan sistem serta aplikasinya dalam penjadwalan armada taksi di setiap terminal maupun pool & sistem reservasinya.

1.3              Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk pembuatan sistem penjadwalan  beserta reservasi kendaraan / angkutan umum yaitu taksi. Sistem yang akan dibangun diatas sebuah aplikasi manajemen ini dibentuk agar efisiensi biaya & waktu pada saat proses reservasi taksi dapat berjalan secara optimal sehingga dapat memuaskan setiap pengguna jasa taksi & mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas.

1.4              Metode Penelitian

Pada penulisan ilmiah ini, dijelaskan bagaimana cara membuat sebuah sistem & aplikasi manajemen armada taksi & reservasinya.  Adapun tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaannya sebagai berikut :
1.        Identifikasi Masalah
Untuk mengumpulkan data tentang pembuatan sistem & aplikasi manajemen armada taksi & reservasi taksi, penulis mengunjungi terminal & pool taksi yang menjadi sampel pada penulisan ilmiah ini, serta mengumpulkan materi  beserta teori-teori dari artikel di internet.
2.        Perancangan Aplikasi
Di tahap ini penulis melakukan kegiatan perancangan aplikasi penjadwalan berbasis desktop, dan membuat rancangan antar muka pada aplikasi.


3.      Implementasi
Pada tahap ini, penulis menggunakan software .

1.5              Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan dalam memberikan gambaran tentang penulisan ini maka dalam penyajiannya, diuraikan ke dalam 4 bab. Adapun uraiannya adalah sebagai berikut :
·          BAB I PENDAHULUAN
Menguraikan gambaran permasalahan yang akan dibahas pada penulisan ini, yaitu : latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan masalah, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
·          BAB II LANDASAN TEORI
Menjelaskan beberapa teori yang berhubungan dengan topik penulisan ini.
·          BAB III PEMBAHASAN
Menjelaskan tahap – tahap pembuatan sistem beserta aplikasinya dari tahap awal pembuatan hingga akhir.
·          BAB IV PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir yang berisi kesimpulan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar