Sabtu, 18 Oktober 2014

Pengantar telematika

Tugas 1


1.  Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang faktor-faktor yang mempengaruhi layanan telematika dapat dengan mudah diakses !

Jawab :
- Free Wi-fi Internet Connection
Jaringan nirkabel / wi-fi yang telah disediakan di tempat-tempat umum (sekolah, mall, dll)

- Gadgets / Smartphone + Internet Murah
Semakin menjamurnya penggunaan smartphone pada seluruh kalangan ekonomi serta paket internet yang murah.


 Social media & IPTEK
Media sosial yang sudah menjadi tren di seluruh kalangan masyarakat serta kebutuhan semua orang akan ilmu pengetahuan yang sangat luas & mudah didapat di internet.

2.  Bagaimana peranan telematika di berbagai bidang ? Berikan contoh layanan telematika pada  bidang pendidikan !

Jawab :
Dengan adanya teknologi informasi yang semakin berkembang serta kebutuhan informasi yang terus meningkat, maka layanan telematika memiliki peranan yang sangat penting di berbagai bidang. Seperti bidang ekonomi, politik serta pendidika,  yang mana layanan telematika ini dapat mempermudah segala urusan dalam bidang tersebut.
Layanan telematika dalam bidang pendidikan dapat berupa pembelajaran secara virtual, seperti  E-book, E-learning, E-library, E-mail dan lain sebagainya. Pembelajaran secara virtual ini sangat penting serta berpengaruh di bidang pendidikan karna mudah diakses oleh semua kalangan dan dapat dipelajari dimana saja dan kapan saja.

3.  Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika,
jelaskan !

Jawab :
Selain memiliki dampak positif yang banyak, layanan telematika juga memiliki dampak negative, berikut adalah cara untuk mengurangi dampak negative tersebut.

- Cyber crime adalah salah datu dampak negative dari telematika. Yaitu sebuah kejahatan  yang   dilakukan menggunakan media internet, yang mana si pelaku mencuri data seseorang dan    menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Unuk mengurangi dampak negative tersebut, maka kita  perlu meningkatkan keamanan pada data pribadi.
- Adanya penyebaran virus atau sebuah penipuan menggunakan electronic sebagai alat penyebaran    informasi dari si penipu.
 Hacker(penyusup) merupakan kejahatan telematika yang memberikan dampak kerugian kepada    individu.
- Dampak negative lainnya adalah menyebabkan kecanduan pada anak. Dalam hal ini biasanya peran orang tua sangatlah penting. Orang tua harus dapat membagi waktu kepada anak kapan seharusnya belajar dan kapan seharusnya bermain dengan computer. Dengan perhatian orang tua yang lebih terhadap anak, maka akan mencegah terjadinya kecanduan erhadap layanan telematika yang ada sejak dini .
       
4. Apa fungsi dari telematika ? Jelaskan !

Jawab :
 Media penyampai informasi
Telematika memiliki fungsi yang penting yaitu media informasi, baik antara sesama individu maupun sesame organisasi. Dengan adanya telematika informasi yang dimiliki menjadi lebih banyak dari sebelumnya.


- Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat
Telematika menjadi penghubung diantara kontak social hidup bermasyarakat, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.


SUMBER:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar