Kamis, 19 Juni 2014

Bahasa Indonesia 2 : Tulisan 10

Pengenalan Bahasa Pemrograman Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrogramman yang memadukan antara kesederhanaan dan kekuatan (powerful). Anda akan terkejut betapa mudahnya untuk berkonsentrasi pada penyelesaian pada suatu permasalahan dari pada malah memikirkan syntax dan struktur dari bahasa pemrograman itu sendiri.
Pengenalan bahasa pemrograman python yang resmi :
Python is an easy to learn, powerful programming language. It has efficient high-level data structures and a simple but effective approach to object-oriented programming. Python’s elegant syntax and dynamic typing, together with its interpreted nature, make it an ideal language for scripting and rapid application development in many areas on most platforms.
Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan powerful. Python memiliki struktur data tingkat-tinggi yang efisien dan merupakan pendekatan yang sederhana tetapi efektif pada pemrograman yang berorientasi pada objek (Object-oriented Programming). Syntax elegan dan dynamic typing yang dimiliki oleh python, bersama dengan interpreted nature dari Python, menjadikannya bahasa pemrograman yang ideal untuk melakukan ‘scripting’ dan pengembangan aplikasi yang pesat dalam banyak area pada kebanyakan platform.
Beberapa fitur dari Python:
1. Sederhana 
Python merupakan merupakan bahasa pemrograman yang sederhana dan minimalis. Membaca program python hampir seperti membaca bahasa inggris. Ini merupakan salah satu kekuatan terbesar dari bahasa pemrograman python. Python dapat membuat anda berkonsentrasi pada penyelesaian masalah dari pada memikirkan bahasa itu sendiri.
2. Mudah dipelajari
Seperti yang akan anda lihat, Python sangatlah mudah untuk dijadikan permulaan untuk belajar bahasa pemrograman. Python memiliki syntax yang sederhana.
3. Free dan Open Source
Python adalah contoh dari FLOSS (Free/Libré and Open Source Software). Dalam penjelasan pendek, anda dapat secara bebas mendistribusikan  salinan dari software ini, membaca kode sumber, merubah, dan menggunakan setiap bagian darinya dalam sebuah program free yang baru. FLOSS bedasar pada konsep komunitas yang senang berbagi pengetahuan. Ini merupakan salah satu alasan mengapa bahasa pemrogramman Python sangatlah bagus. Python diciptakan dan dikembangkan oleh komunitas yang hanya ingin melihat bahasa pemrograman Python yang lebih baik.
4. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (High-level Language)
Ketika anda menulis program dalam bahasa pemrograman Python, anda tidak perlu repot-repot memikirkan detil-detil tingkat rendah (low-level details) seperti me-manage memory yang akan digunakan oleh program yang anda tulis.
5. Portabel
Dikarenakan sifat alamiahnya yaitu open-source, Python telah di-port atau dirubah untuk dapat digunakan dalam banyak platform. Semua program python anda dapat berjalan pada semua platfrom ini tanpa membutuhkan perubahan sama sekali selama anda tidak menggunakan fitur-fitur yang bersandar pada system.
Anda dapat menggunakan Python pada Linux, Windows, FreeBSD, Machintosh, Solaris, OS/2, Amiga, AROS, AS/400, BeOS, OS/390, z/OS, Palm OS, QNIX, VMS, Psion, Acorn RISC OS, VxWorks, PlayStasion, Sharp Zaurus, Windows CE dan bahkan pada PocketPC!
Anda bahkan dapat menggunakan platform seperti Kivy untuk membuat games untuk iOS (iPhone, iPad) and Android.
6. Interpreted
Ini membutuhkan sedikit penjelasan.
Sebuah program yang ditulis dalam compiled language (bahasa pemrograman yang membutuhkan proses kompilasi) seperti C dan C++ akan dikonversi dari bahasa sumber yaitu C dan C++ kedalam bahasa yang dimengerti oleh komputer (kode biner, yaitu 0 dan 1) yang disebut dengan proses kompilasi, menggunakan sebuah compiler. Ketika anda menjalankan program tersebut, sebuah software linker/loader menyalin program anda dari harddisk ke memory dan mulai menjalankannya.
Python tidak membutuhkan proses kompilasi. Anda tinggal menjalankan program anda langsung dari kode sumber. Python akan merubah kode sumber yang anda tulis menjadibytecodes dan kemudian menerjemahkannya kedalam bahasa komputer (kode biner) dan kemudian menjalankannya. Semua ini menjadikan python mudah digunakan, karena anda tidak perlu meng-compile program yang anda tulis, memastikan bahwa pustaka atau library yang bersangkutan terhubung, dsb. Ini juga menjadikan program Python anda sangat portabel, karena anda hanya tinggal menyalin program Python anda pada komputer lain dan program python anda langsung bisa bekerja.
7. Berorientasi pada objek (Object Oriented)
Python mendukung pemrograman prosedural (procedure-oriented programming). Dalam bahasa pemrograman prosedural, program dibuat dalam prosedur-prosedur atau fungsi-fungsi yang tak lain adalah segelintir kode yang dapat digunakan berkali-kali tanpa harus menuliskannya berulang kali. Dalam bahasa pemrograman yang object-oriented, program dibuat dalam objek yang menggabungkan data dan fungsionalitas. Python memiliki cara yang powerful tetapi juga sederhana untuk melakukan OOP (Object-Oriented Programming), terutama jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman besar seperti C++ atau Java.
8. Dapat dilakukan perluasan (Extensible)
Jika anda membutuhkan bagian penting dari sebuah kode agar dapat berjalan dengan sangat cepat atau menjadikan suatu algoritma agar tidak dapat dibuka oleh orang lain, anda dapat mengkode bagian tersebut dengan pemrograman C atau C++ kemudian menggunakannya dalam program python anda.
9. Dapat ditanamkan (Embeddable)
Anda dapat menanamkan atau meng-embed Python dengan program C/C++ anda untuk memberikan kapabilitas ‘scripting‘ kepada pengguna program anda.
10. Memiliki pustaka (libraries) yang luas
Pustaka baku python (Python Standard Library) sangat besar. Itu dapat membantu anda untuk melakukan banyak hal termasuk regular expression, documentation generation, unit testing, threading, database, web browser, CGI, FTP, email, XML, XML-RPC, HTML, file WAV, kriptografi, GUI (Graphical User Interfaces), dan hal lain yang bersandar pada system. Ingat, semua ini tersedia dimanapun Python terinstall. Hal ini yang disebut dalam Python dengan filosofi ‘Batteries Included’.
Disamping pustaka baku tersebut, ada berbagai macam pustaka lain yang berkualitas tinggi yang dapat anda temukan dalam Python Package Index
Rangkuman
Python sungguh merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menarik dan powerful. Python memiliki kombinasi yang baik antara performa dan fitur yang membuat menulis program dalam Python menjadi mudah dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar