Kamis, 23 April 2015

Tugas dua : Etika dan Profesionalisme TSI

Tugas 2

1.      Jelaskan apa yang menjadi alasan penyalahgunaan fasilitas teknologi sistem informasi sehingga ada orang atau pihak lain menjadi terganggu!
Jawab :
Penyalahgunaan fasilitas teknologi tentu saja dapat mengganggu orang lain, karena biasanya berkaitan erat dengan privasi seseorang. Adapun alasan seseorang melakukan penyalahgunaan fasilitas teknologi yaitu :
-          Memperbanyak Wawasan
Memperbanyak wawasan, adalah salah satu alasan yang baik. Para penyalahguna fasilitas teknologi banyak membuat alasan seperti ini. Baik atau tidak, alasan ini pun jika pada akhirnya ada pihak yang terganggu maka menjadi alasan yang tidak baik.
-          Hanya Sekedar Iseng
Iseng-iseng mencoba hal baru adalah salah satunya. Mereka iseng-iseng untuk membobol apapun yang mereka mau tanpa mendapatkan tujuan apa-apa. Iseng-iseng ini adalah tujuan yang menjerumus dari baik dan jahat
-          Terpengaruh Ajakan Teman
Teman yang baik adalah teman yang mengajak Anda untuk berbuat kebaikan. Namun, bila teman mengajak untuk berbuat kejahatan, dosa akan diterima dan merugikan orang lain tentunya.  Kecuali ada sebuah paksaan dari teman, dan  tidak bisa melawan.


2.      Bagaimana cara menanggulangi gangguan-gangguan yang muncul karena penyalahgunaan fasilitas teknologi sitem informasi? Jelaskan!
Jawab :
Ada berbagai cara dalam menanggulangi gangguan-gangguan yang muncul, diantaranya adalah :
-          Memperkuat Hukum
Kini dengan hukum dunia teknologi informasi diperkuat maka setiap orang tidak seenaknya lagi melannggar hukum, karena bisa-bisa digiring sampai ke kantor polisi. Organisasi industri seperti Software Publishers Association (SPA) segera dibentuk setelah maraknya pembajakan perangkat lunak dalam sekala besar maupun kecil. Dengan memperkuat hukum ini minimal akan mengurangi resiko kejahatan Teknologi informasi.
-          CERT : Computer Emergency respose Team
CERT hadir sebagai pendamping pihak yang diserang, membantu mengatasi penggangu, dan mengevaluasi sistem yang telah megalami serangan untuk melindunginya dari gangguan dimasa yang akan datang.
-           Alat pendeteksi kecurangan perangkat lunak deteksi berbasis aturan.
Dalam teknik ini pengguna, semisal pedagang membuat file negatif yang memuat kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap transaksi. Kriteria ini meliputi nomor kartu kredit yang dicuri dan juga batas harganya, kecocokan alamat rekening pemegang kartu dan alamat pengiriman, dan peringatan jika satu item dipesan dalam jumlah besar.


 
3.      Sebutkan salah satu kasus yang terjadi berkaitan dengan penyalahgunaan teknologi sistem informasi, beri tanggapan akan hal tersebut !
Jawab :
Contoh kasus :
Peretasan Sony Pictures Entertainment
Peretasan terhadap Sony Pictures Entertainment terjadi pada 24 November 2014. Hari itu para karyawan perusahaan perfilman itu menemukan kejutan aneh: sebuah gambar tengkorak warna merah muncul di komputer-komputer mereka. 
Bersama dengan itu, tampil jua pesan bahwa ada rahasia perusahaan yang akan dibocorkan. Email perusahaan pun ditutup, akses VPN bahkan Wifi dipadamkan seiring tim admin IT mereka berusaha memerangi penyusup itu.

Kasus diatas, merupakan contoh kasus yang tergolong sebuah ancaman atau keisengan pihak yang tidak bertanggung jawab.





 Sumber :
http://tekno.kompas.com/read/2014/12/29/09190067/7.Kasus.Hacking.Paling.Heboh.di.2014
http://arkakus.blogspot.com/2013/01/cara-mengatasi-hacker-atau-kejahatan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar