Kamis, 26 Maret 2015

Etika & Profesionalisme TSI (Tugas1)



1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Etika”  secara umum, dan berikan contoh penerapan “Etika”  dalam teknologi system informasi!
Jawaban :
-          Pengertian etika secara umum :
Etika berasal dari bahasa yunani “Ethos” yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan, etika secara umum berarti adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik, dan menghindari hal-hal yang buruk. Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral.
-          Penerapan etika dalam TSI :
Etika adalah sebagai pembatas prilaku/sikap untuk setiap pemakai dalam menggunakan teknologi sistem informasi yang ada.

2.      Apa tujuan dari penerapan “Etika”  dalam teknologi system informasi? jelaskan!
Jawaban :
Tujuan etika dalam penerapan teknologi system informasi adalah agar setiap pemakai mengerti hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam mengakses teknologi sistem informasi yang ada. Agar teknologi sistem informasi yang ada tetap terjaga keamanan serta integritas datanya yang berhubungan dengan sistem informasi.

3.      Jelaskan “Etika”  apa yang harus diperhatikan bagi pembuat, pengembang dan pengguna teknologi system informasi!
Jawaban :
Etika yang harus diperhatikan bagi pembuat, pengembang dan pengguna teknologi sistem informasi :
-          Etika bagi pembuat teknologi sistem informasi:
Dalam membuat suatu teknologi sistem informasi, seorang pembuat dapat melakukannya bersama dengan lembaga-lembaga besar pembuat teknologi sistem informasi, ataupun dibuat secara individu.
Dalam membua suatu teknologi sistem informasi harus memperhatikan etika yang ada, yaitu dengan tidak menjiplak atau mengambil ide orang lain secara illegal.
-          Etika bagi pengembang teknologi sitem informasi:
Seorang pengembang teknologi sistem informasi harus memperhatikan etika yang ada, yaitu tidak mengembangkan suatu teknologi dengan berlebihan, dan pada saat pengembangan kerahasiaan data yang dimiliki oleh client harus tetap terjaga.
-          Etika bagi pengguna teknologi sistem informasi:
Etika bagi pengguna antara lain tidak membajak atau menggandakan teknologi tanpa seijin pemiliknya, tidak merubah, mengurangi ataupun menambah hasil karya orang lain. Tidak menggunakannya untuk sebuah kejahatan, dan yang paling penting adalah menggunakan perangkat lunak teknologi sistem informasi yang asli.

Sumber:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar