BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Padatnya
aktivitas masyarakat di dunia terutama di Indonesia dalam melakukan kegiatan
sehari-hari atas dasar hak maupun kewajiban pribadi setiap individu tersebut
pada masa kini sudah menjadi salah satu landasan bagaimana pentingnya efisiensi
serta efektifitas waktu & biaya agar kegiatan-kegiatan yang akan
dilaksanakan berjalan sesuai jadwal & optimal. Sejalan dengan berkembangnya
ilmu pengetahuan & teknologi, efisiensi & efektifitas tersebut telah
terwujud dengan adanya peralatan-peralatan praktis pada setiap segi kegiatan,
termasuk transportasi. Dimana setiap alat transportasi / kendaraan dapat
memudahkan setiap individu dalam menempuh jarak. Dengan jumlah populasi yang
perlahan semakin bertambah setiap detiknya di dunia disertai tingkat aktivitas
penduduk yang memuncak, sudah memastikan bahwa tingkat kebutuhan akan sebuah
transportasi dengan fungsi optimal sudah menjadi nilai mutlak yang diwujudkan
oleh individu masing-masing maupun tiap negara yang menyediakan alat
transportasi umum.
Tersorot
pada fakta kedua tentang alat transportasi / kendaraan umum, tidak dapat
dipungkiri bahwa poin-poin minim dengan mudah dapat di temukan di setiap sudut
pandang mengenai kendaraan umum terlebih di Indonesia, mulai dari segi kualitas
maupun kuantitasnya, sehingga berdampak kepada segannya masyarakat Indonesia
untuk menggunakan kendaraan pribadi yang mengakibatkan bertumpuknya
kendaraan-kendaraan tersebut berujung pada krisis kemacetan dimana kini sudah
tidak asing lagi untuk didengarkan.
Meruncing
pada permasalahan tentang kendaraan umum, taksi di Indonesia sebagai salah satu
opsinya merupakan contoh nyata dengan manajemen armada yang memiliki nilai
minim, sehingga menurunkan minat masyarakat akan penggunaannya & lebih
memilih kendaraan pribadi. Sebagai contoh, sulitnya pemesanan taksi via telepon
& lamanya kedatangan taksi ke lokasi calon penumpang dikarenakan tidak
terintegrasinya terminal pusat dengan pool
(pangkalan taksi) yang terdekat dengan calon penumpang, sehingga pusat penerimaan
reservasi taksi menurunkan armada taksi dengan rute yang tidak efektif maupun
efisien yang pastinya berdampak pada kemacetan lalu lintas.
Tersorotnya
fakta diatas tentang minimnya nilai-nilai efektifitas & efisiensi kendaraan
umum; dalam hal ini mengarah pada minimnya manajemen armada taksi, penulis
merangkum permasalahan tersebut dan mencoba memberikan salah satu opsi yaitu Integrated Taxi Armada Management &
Reservation System guna mengurangi dampak kemacetan serta memberikan pelayanan akan penggunaan taksi
yang optimal.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian
latar belakang di atas, penulis menyusun rumusan masalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana
cara dalam menentukan algoritma
penjadwalan armada taksi yang efektif & efisien.
2.
Bagaimana
cara membangun sistem integrasi antar-terminal, antar-pool, maupun terminal-pool
yang mendukung sistem reservasi taksi yang tersedia.
3.
Bagaimana
cara membuat aplikasi penjadwalan armada
& reservasi taksi yang bersifat user
friendly dalam visualisasi & penggunaannya.
1.2.1 Batasan
Masalah
Dalam
penulisan ilmiah ini, penulis membatasi
masalah pada pembuatan sistem serta aplikasinya dalam penjadwalan armada
taksi di setiap terminal maupun pool
& sistem reservasinya.
1.3
Tujuan Penulisan
Tujuan
dari penulisan ini adalah untuk pembuatan sistem penjadwalan beserta reservasi kendaraan / angkutan umum
yaitu taksi. Sistem yang akan dibangun diatas sebuah aplikasi manajemen ini
dibentuk agar efisiensi biaya & waktu pada saat proses reservasi taksi dapat
berjalan secara optimal sehingga dapat memuaskan setiap pengguna jasa taksi
& mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas.
1.4
Metode Penelitian
Pada penulisan ilmiah ini, dijelaskan bagaimana cara membuat sebuah sistem
& aplikasi manajemen armada taksi & reservasinya. Adapun tahapan
yang dilakukan dalam pelaksanaannya sebagai berikut :
1.
Identifikasi
Masalah
Untuk
mengumpulkan data tentang pembuatan sistem & aplikasi
manajemen armada taksi & reservasi taksi, penulis mengunjungi terminal & pool
taksi yang menjadi
sampel pada penulisan ilmiah ini, serta
mengumpulkan materi beserta teori-teori
dari artikel di internet.
2.
Perancangan
Aplikasi
Di tahap ini
penulis melakukan kegiatan perancangan aplikasi penjadwalan berbasis desktop, dan membuat rancangan antar muka pada
aplikasi.
3.
Implementasi
Pada tahap
ini, penulis menggunakan software ….
1.5
Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan dalam memberikan
gambaran tentang penulisan ini maka dalam penyajiannya, diuraikan ke dalam 4
bab. Adapun uraiannya adalah sebagai berikut :
·
BAB
I PENDAHULUAN
Menguraikan gambaran
permasalahan yang akan dibahas pada penulisan ini, yaitu : latar belakang
masalah, batasan masalah, tujuan masalah, metode penulisan, dan sistematika
penulisan.
·
BAB
II LANDASAN TEORI
Menjelaskan
beberapa teori yang berhubungan dengan topik penulisan ini.
·
BAB
III PEMBAHASAN
Menjelaskan tahap –
tahap pembuatan sistem beserta aplikasinya dari tahap awal pembuatan hingga akhir.
·
BAB
IV PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir yang berisi
kesimpulan.