Sabtu, 03 Mei 2014

Bahasa Indonesia 2 : Tulisan 6

Etika Programmer



KODE ETIK PROGRAMMER
  1. Seorang programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware.
  2. seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengan sengaja.
  3. seorang programmer tidak boleh dokumentasi yang  dengan sengaja untuk membingungkan atau tidak akurat.
  4. seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode hak cipta telah membeli atau telah meminta izin.
  5. tidak boleh mencari keuntungan dari proyek yang telah didanai oleh pihak kedua tanpa izin.
  6. tidak boleh mencuri softwere khususnya development tools.
  7. tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapatkan izin.
  8. tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keuntungan dalam kenaikan status.
  9. tidak boleh membeberkan dana-dana penting karyawan dalam perusahaan.
  10. tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja dalam pengembangan suatu proyek.
  11. tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain.
  12. tidak boleh mempermalukan profesinya.
  13. tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasinya.
  14. tidak boleh mengenalkan bug  yang ada dalam software yang nantinya programmer  akan mendapatkan keuntungan dalam membetulkan bug.
  15. terus mengikuti  perkembangan ilmu komputer. pada umumnya programmer harus mematuhi “Golden ruler”: memperlakukan orang sebagaimana kamu ingin diperlakukan. jika semua programmer mematuhi semua peraturan ini, maka tidak akan ada masalah dalam komunitas.
KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG PROGAMMER
  1. memahami kode sumber sebuah program, dari yang sederhana hingga relatif kompleks, adalah keterampilan yang harus dimilki seorang programmer.
  2. implementasi sebuah algoritma yang memodifikasi menjadi sebauah struktur data dalam sebuah program dapat kita adaptasikan dalam program yang kita buat sendiri dengan konteks dan struktur data yang sama sekali berbeda.
  3. melanjutkan pengelolaan, menyesuaian, mengembangkan dan (bila perlu) merombaknya untuk menyesuaikan  program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan  kemudahan perawatan dimasa akan datang
  4. memiliki kemampuan sebagaimana dijelaskan dalam point 1 dan 2 untuk program yang ditulis dan didokumentasikan oleh programmer lain.
  5. membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki seorang programmer untuk memecahkan masalah.
KEWAJIBAN PROGRAMMER
  1. memahami konsep dasar sistem operasi. Kebanyakan dari programmer Indonesia biasanya membuat aplikasi di atas sistem operasi, sehingga banyak yang berpendapat bahwa tidak perlu memahami cara kerja sistem operasi.
  2. memahami konsep dasar sistem jaringan.  Sebuah aplikasi tidak dapat berjalan sendiri. Aplikasi tersebut pasti harus berhubungan dengan internet, melayani banyak pengguna
  3. memahami sistem dasar relational database. Setiap aplikasi pasti memiliki sebuah database dalam penyimpanan datanya untuk itu programmer khususnya Database Programmer ditekankan menguasai relational database.
  4. karena sekarang jaman internet, maka  wajib memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH.  Protokol HTTP sekarang adalah protokol yang paling banyak digunakan di internet.
  5.  karena sekarang jamanya globalisasi, maka wajib memahami unicode. Unicode itu penting supaya aplikasi kita tetap bisa diinstal di komputer mana saja.
  6. lebih dari satu bahasa pemrograman. Pemahaman lebih dari satu bahasa itu penting agar wawasan programmer lebih terbuka. Bahwa tidak ada bahasa yang one-fit-all.
  7. cara menggunakan version kontrol.  project opensource Dalam dunia kerja, penggunaan version control adalah wajib. Ini standar (de facto) internasional. Jika mempunyai, baik di Sourceforge, Apache, Codehaus, dan semua hosting project opensource, pasti programmer akan diberikan version control. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar